Jumat, 27 Maret 2015

Eksplorasi Wisata Terbaik Di Makassar Dalam Sehari


Kota Makassar yang populer dengan sebutan Kota Mamiri ini memiliki tempat wisata menarik yang bisa Anda jelajahi hanya dalam waktu 1 hari saja, penasaran yuk simak tempat wisata terbaik di Makassar.

Tempat wisata yang pertama Anda kunjungi adalah benteng Ujung Pandang yang terletak di jalan Ujung Pandang No.02, Benteng Ujung Pandang didirikan pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-10.
Selanjutkan ada benteng Fort Rotterdam dan menyambangi museum La Galigo, nama La Galigo diambil dari tokoh legendaris Putera Sawerigading Opunna Ware dan We Cudai Daeng Ri Sompa.
La Galigo kemuadian menjadi Raja Muda di Kerajaan Luwu yang merupakan Kerajaan tertua di Sulawesi Selatan.

Di Museum Galigo terdapat koleksi benda -benda bersejarah seperti Kain Songket Makassar dan benda bersejarah lainnya yang hingga kini masih terawat dengan rapi di dalam lemari kaca.

Perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Paotere dan menyaksikan aneka Kapal pinisi yang tengah sandar, setelah puas Anda bisa menuju obyek wisata lainnya yakni Masjid Raya Makassar yang diresmikan oleh H. Yusuf Kalla pada bulan Mei 2005 lalu, saat beliau menjabat sebagai Wakil Presiden RI. 

Di dalam Masjid Masjid Raya Makassar Anda akan menjumpai sebuah Al-quran besar berkukuran 1m x 1,5m dengan berat 544 Kg. 

Selain Mesjid Raya Makassar ada pula Mesjid apung Amirul Mukminin berada di tepi Pantai.
Selanjutnya Anda bisa berkunjung ke Masjid Al Markaz yang merupakan Masjid terbesar se-Asia Tenggara, konon ketinggian menara Masjid Al Markaz sama tinggi dengan menara di Masjidil Haram, Mekkah.

Wisata selanjutnya Anda bisa mengunjungi Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma yang diresmikan tahun 2009 oleh H. Syahrul Yasin Limpo selaku Gubernur Sulawesi Selatan.

Tepat didepan Klenteng Xian Ma ada vihara Ibu Agung Bahari yang terlihat cantik dengan Lampion merah yang menghias di sekelilingnya,  Rumah ibadah ini masuk dalam daftar Wisata terbaik di Makassar.

Selasa, 24 Maret 2015

Resep Sop Konro Masakan Khas Makassar


Sop Konro merupakan masakan khas Makassar yang menjadi tradisi masyarakat Bugis, Sop Konro banyak digemari orang karena rasanya yang gurih dan nikmat, Sop Konro di olah dari Iga Sapi yang dimasak dengan campuran rempah – rempah alami.

Bagi Anda yang berniat ingin membuat masakan khas Makassar berikut Admin share resep Sop Konro Makassar.

Bahan yang diperlukan : 

2 liter air bersih lalu didihkan
1 Kg Iga sapi, potong – potong sesuai selera lalu cuci bersih.
3 cm kayu manis dan 5 butir cengkeh.
5 lembar daun salam.
5 cm lengkuas, 3 batang serai memarkan
7 Buah Bawang merah, rajang tipis – tipis.
2 sdm air asam jawa.
Gula, Garam dan Minyak Goreng untuk menumis secukupnya.

Bumbu Halus :

10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada butir
2 sdm kluwak
½ sdt pala, garam secukupnya.

Cara membuat Sop Konro :

1. Rebus iga Sapi yang sudah di cuci bersih kedalam rebusan air mendidih , masak hingga matang dan empuk jangan lupa masukkan  rempah – rempah seperti Kayu Manis, Lengkuas, Daun Salam, Sereh, Cengkeh, Air Asam Jawa, dan Garam secukupnya.

2. Sambil menunggu Iga Sapi empuk Anda bisa menumis bumbu Sop Konro dan irisan Bawang merah hingga harum, setelah Iga matang dan empuk masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam rebusan Iga lalu aduk perlahan hingga rata, tambahkan Garam, Gula dan bumbu penyedap jika diperlukan lalu aduk hingga matang lalu angkat dan taruh di Mangkuk saji, sajikan Sop Konro selagi hangat.

Semoga resep masakan khas Makassar dapat bermanfaat bagi Anda.





Selasa, 03 Maret 2015

Pusat Belanja Dan Makanan Khas Paling Populer Di Makassar


Jalan Somba Opu merupakan Pusat belanja khas Makassar yang paling populer di Kota Makassar, di kawasan ini Para Wisatawan dapat menemukan berbagai Oleh – Oleh khas Makassar mulai dari Kue – Kue tradisional yang menjadi Makanan khas Makassar, Aneka Manisan, Dodol, Toko Souvenir hingga Obat gosok dari Makassar.

Makanan khas Makassar lain yang paling laris di buru para Wisatawan biasanya Syrup Pisang Ambon, Camilan Kacang tersembunyi, Bannang – Bannang, Kopi Toraja hingga Cokelat Macalete.
Selain itu adapula jajanan unik lainnya yang bernama Jalangkote, makanan ini mirip sekali dengan Paste ala Italia.

Yang membedakan hanyalah jalangkote berisi potongaan Wortel dan kentang yang sudah di cingcang kecil – kecil,  tauge, serta tambahan daging Sapi yang bisa mengundamg selera.
Jalangkote sangat pas jika di sajikan malam hari sebagai penghangat badan, harga Satu porsi Jakangkote biasa di banderol seharga Rp 20.000.

Selain berburu kuliner lezat di Makassar  para Wisatawan bisa juga berbelanja barang-barang bermerk yang berjejer rapi di sekitar Trans Studio World. 

Di kawasan Trans Studio World berdiri beberapa Butik yang menjual barang – barang dari Luar negeri yang menyediakan berbagai merek terkenal dan diijamin 100 persen asli seperti Merk Louis Vuitton, Produk Guess, Hugo Boss, Giorgio Armani, Gucci dan berbagai merk - merk terkenal di Dunia lainnya Butik – Butik mewah ini berderet rapi di sepanjang jalanan Trans Studio Makassar.

Senin, 02 Maret 2015

Wisata Religi Makam Pangeran Diponegoro Makassar


Setelah menjadi tahanan Belanda dan diasingkan ke Fort Rotterdam, Pangeran Diponegoro akhirnya wafat pada 8 Januari 1855 dan di makamkan di kompleks Makam Pangeran Diponegoro.

Letak Makam Pangeran Diponegoro berdekatan dengan Benteng Rotterdam dan  pusat perbelanjaan Pasar Sentral Makassar. 

Hingga kini nama Pangeran Diponegoro masih di abadikan menjadi nama jalan – jalan protokol di seluruh Indonesia.

Begitu pula di sekitar komplek makam yang dibangun sekitar tahun 1970-an, sebelum menjadi jalan Diponegoro jalan tersebut bernama Jalan Maccini Ayo.

Selain Makam Diponegoro berderet makam – makam Kelurga Pangeran Diponegoro dan Makam Raja diantaranya  ada Makam Putera Sultan Hamengku Buwono III, Raden Mas Ontowiryo dan makam sang Istri Raden Ayu Ratu Ratna Ningsih yang wafat tahun  1865.


Ada pula Enam Makam Putra - Putri Pangeran Diponegoro antara lain BRM Abdul Rahman, BRM Abdul Rahim, BRA Putri Munadimah, BRM Abdul Gan serta BRM Abdul Gafur. 

Selain itu adapula makam cucu dan cicit Pangeran Diponegoro, Makam para pengawal serta pengikut Pangeran Diponegoro yang juga di makamkan di Kompleks pemakaman ini.

Saat malam hari komplek makam Pangeran Diponegoro terlihat sangat ramai dan banyak di kunjungi para Wisatawan yang dari berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan konon kabarnya sebagian besar Pejabat di Indonesia sering berziarah ke Makam Diponegoro mereka diantaranya Sri Sultan Hamengku Buwono X, Mantan Presiden RI Gus Dur dan beberapa Pejabat Militer.

Para wisatawan yang ingin berziarah ke makam Pangeran Diponegoro dapat melintasi jalur Angkutan Kota Pete - Pete jurusan Pasar Sentral Makassar yang berjarak sekitar 17 kilometer dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Raden Mas Saleh Cangga Diponegoro (69 tahun) selaku Juru kunci makam Pangeran Diponegoro mengungkap para Peziarah yang datang ke komplek ini sebagian besar berasal dari luar Pulau Jawa.