Rabu, 28 Januari 2015

Menyingkap Sejarah Benteng Rotterdam Makassar


Benteng Rotterdam Makassar yang dibangun pada tahun 1545 oleh Raja ke-9 ini merupakan peninggalan Kerajaan Gowa  Tallo .

Pada awalnya, benteng yang juga disebut Fort Rotterdam ini dibangun dengan menggunakan bahan tanah liat dan putih telur namun bangunan Benteng tersebut di sempurnakan oleh Raja ke-14.

Jika di perhatiakan dari atas bangunan Benteng Kuno ini lebih menyerupai seekor Kura – Kura yang tengah berjalan menuju ke arah laut. Hewan Penyu sendiri di pilih untuk Simbol karena hewan ini mampu bertahan hidup di air dan di darat, sama halnya dengan Kerajaan Gowa-Tallo yang juga selama berabad – abad lamanya berjaya di Darat dan Lautan .

Pada mulanya Benteng Rotterdam bernama Benteng Ujungpandang hingga akhirnya Benteng ini jatuh ke tangan Belanda berubah nama menjadi Fort Rotterdam.

Pada masa penjajahan Belanda benteng Rotterdam berfungsi sebagai tempat penyimpanan rempah – rempah hasil rampasan orang Pribumi atau Rakyat Indonesia.

Di Komplek Fort Rotterdam terdapat 13 bangunan dan 5 buah menara salah satu menara di dunakan sebagi Pintu masuk.

Empat menara lainnya tersebar di setiap penjuru komplek Benteng, selain menara ada pula Museum yang bernama Museum La Galigo .

Di Museum ini banyak tersimpan benda – benda kuno bersejarah yang sebagian besar merupakan peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Bangunan Museum ini juga di percaya sebagai tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.

Harga Tiket masuk Benteng Rotterdam Makassar untuk Dewasa sebesar Rp 8.000,- per orang, Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08 .00 hingga Pukul 18.00 sore, sementara itu khusus untuk Museum La Galigo hanya buka setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 08:00 hingga pukul 12.00 siang.

Selasa, 27 Januari 2015

Menikmati Keindahan Negeri Atas Awan Batutumongga Tana Toraja


Sebagian besar masyarakat perkotaan biasanya lebih memilih berlibur ke tempat wisata yang lebih tenang yang jauh dari hingar bingar keramaian Kota., salah satunya dengan mengunjungi Wisata Tana Toraja.

Saat berlibur ke Tana Toraja salah satu pilihan wisata terbaik di Tana Toraja adalah Wisata Alam Batutumongga.

Wisata Alam Batutumongga berada di lereng Gunung Sasean, yang merupakan Gunung tertinggi di Tana Toraja. 

Gunung Sasean sendiri di pilih menjadi lokasi terbaik untuk melihat keindahan alam Tana Toraja dan panorama Kota Rantapao. 

Saat memasuki kawasan Batutumongga para pengunjung akan di sambut dengan udara pegunungan yang menyegarkan serta pemandangan alam sekitar yang menakjubkan, dari balik lereng perbukitan Anda akan menyaksikan panorama Kota Rantepao nan cantik.

Suasana Batutumongga di pagi hari sangat indah Anda dapat melihat sekumpulan kabut putih yang membalut langit di Tana Toraja, saat berada di sini Anda seolah tengah berada di Negeri di Atas Awan.

Pemandangan lain yang tak kalah indah adalah hamparan sawah yang menghijau di antara batu – batu makam yang tersebar dan bangunan Rumah tradisional Tana Toraja yang terdapat di kawasan ini.

Bagi Anda yang ingin menginap di kawasan Wisata Tana Toraja, Batutumongga menyediakan beberapa home stay bagi Para pengunjung dengan udara pegunungan yang mampu menenangkan jiwa, saat menginap home stay para Tamu akan menikmati hidangan khas Tana Toraja dan secangkir Kopi Toraja dengan cita rasa lezat.

Senin, 26 Januari 2015

Benteng Somba Opu Wisata Terpopuler Di Makassar


Meski telah berusia ratusan tahun namun kontruksi bangunan Benteng Somba Opu yang terletak di Jl. Daeng Tata, Makassar ini hingga kini tak usang di makan waktu.

Hingga kini kondisi bangunan Benteng masih terlihat sangat kuat, dengan arsitektur benteng yang berbentuk segi empat dan tinggi benteng mencapai 8 meter serta Panjang sekitar 2 Km serta ketebalan dinding hingga mencapai 4 meter, membuat Benteng peninggalan masa Belanda ini tetap kokoh dan mampu bertahan dari terk matahari dan Hujan hingga kini.

Pada jaman dahulu Benteng Somba Opu dijadikan sebagai  tempat pertahanan yang kuat dan merupakan pusat perdagangan utama dan pelabuhan untuk rempah-rempah hasil bumi, pusat perdagangan ini banyak dikunjungi para Pedangang asing dari Ero
pa dan Negara Asia.

Hingga kini pihak pemerintah daerah terus berupaya untuk melestarikan sejarah Benteng yang sangat menakjubkan dengan cara melakukan berbagai pemugaran bagian luar benteng. 

Kini di kawasan benteng bersejarah ini telah berdiri berbagai bangunan Rumah Adat tradisional yang terdiri dari semua suku bangsa di wilayah Sulawesi Selatan. 

Di setiap rumah adat di bangun rumah - rumah adat dengan cara yang unik dan terkesan artistik, pada bagian arsitektur bangunan Rumah Adat ini melukiskan tentang filosofi budaya dari tiap-tiap suku bangsa yang terdapat di Sulawesi Selatan.

Tempat wisata terpopuler di Makassar ini tak hanya kokoh namun juga memiliki warisan budaya nusantara yang tak kalah menariknya yakni sebuah meriam legendaris bernama Baluwara Agung, Meriam ini memiliki ukuran panjang hingga 9 meter serta bobot hingga mencapai 9.500 kilogram.
Selain meriam legendaris ada pula benda – benda sejarah lainnya yang merupakan peninggalan Kesultanan Gowa yang kini tersimpan rapi di dalam museum.

Sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah pariwisata di daerah Makassar, kini kawasan wisata Benteng Somba Opu dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik seperti Taman Hias, Taman Aneka satwa serta Wahana Wisata air Waterboom yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Taman Air di Benteng yang biasa di sebut Gowa Discovery Park,  Harga tiket masuk Gowa Discovery Park untuk hari biasa Rp 85 ribu, sedangkan untuk hari Sabtu – Minggu atau Hari Libur akhir pekan menjadi Rp 100 ribu/ Orang.

Namun bagi Anda yang hanya ingin menyaksikan Benteng Somba Opu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2 Rupiah saja.

Kamis, 22 Januari 2015

Wisata Seru Pantai Losari Makasar


Saat berlibur ke Makassar tak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Indah yang terletak di jalan Penghibur yang bernama Pantai Losari Makassar.

Pantai ini sangat populer dikalangan  Masyarakat Makassar, setiap libur akhir pekan mayoritas Masyarakat  setempat sering meluangkan waktu untuk sekedar bersantai sambil bercengkrama di tepi Pantai Losari.
a
Salah satu objek wisata terkenal di Makassar ini menjadi tempat wisata andalan Warga sekitar karena keberadaan Pantai cantik ini memiliki keunikan tersendiri. 

Jika pada umumnya Pantai selalu dihiasi oleh hamparan Pasir yang luas namun Pantai Losari Makassar ini tidak memiliki Pasir.

Namun kendati demikian justru karena keunikan inilah yang yang menjadikan salah satu Pantai di Makassar ini menjadi terkenal dan banyak di kunjungi wisatawan yang merasa penasaran dengan keunikan tersebut.

Selain unik dan indah ada banyak hal menarik yang bisa Anda jumpai di Pantai Losari seperti Pemandangan alam yang sangat mempesona.

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan saat pelesir di tempat wisata Pantai Losari adalah kegiatan memancing, Berenang di tepian Pantai, Berlayar dengan menyewa Perahu, naik Sepeda Air atau bisa juga menyewa Banana Boat.

Saat lapar mendera Anda bisa memanjakan lidah dengan berkeliling sembari menikmati aneka sajian wisata kuliner khas Makassar  mulai dari Coto Makassar, Sop Konro, Pisang Epe, Minuman Es Palu Butung dan aneka makanan khas Makassar lainnya.

Kawasan wisata Pantai Losari tak hanya ramai di kunjungi saat Siang dan Sore hari, Masyarakat setempat biasanya berkunjung ke Pantai Losari di Pagi hari sambil melakukan Olahraga Jogging ataupun duduk di tepi Pantai sembari melakukan gerakan Yoga sambil menanti Matahari terbit yang  muncul dari balik permukaan Air laut.

Bagaimana dengan Anda, tertarik untuk mengnjungin Pantai Losari yang terkenal di Makassar.

Senin, 19 Januari 2015

Menyingkap Pesona Pulau Samalona Di Makassar


Pulau Samalona Makassar yang merupakan salah satu objek wisata bahari terkenal di Makassar memiliki luas area sekitar 2,34 hektar.

Pulau Cantik ini selalu ramai di kunjungi para Wisatawan baik lokal maupun wisatawan Mancanegara, bagi para pecinta traveling Pulau Samalona tentu tak asing lagi di telinga mereka karena baik dari segi lokasi maupun fisik kepulauan ini sangat memikat siapapun yang melihatnya.

Beberapa pesona yang di tawarkan di Pulau indah ini adalah Kondisi air Laut yang sangat jernih yang menjadi tempat tinggal bagi beraneka ragam jenis ikan tropis serta beragam jenis biota Laut yang sangat indah.

Para Wisatawan tak pernah melewatkan kesempatan saat berada di tempat wisata menarik di Makassar, mereka biasanya ada yang sekedar berjalan santai di sepanjang Pantai berpasir putih, ada pula yang berenang bahkan tak jarang para Wisatawan menyelam sekedar ingin melihat keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan.

Tak heran jika daya tarik Pulau Samalona Makassar menjadi Pantai dengan destinasi snorkeling terpopuler di Makassar.

Untuk mengunjungi Pantai cantik di Makassar ini Anda bisa menggunakan Kapal Speed Boat yang berangkat dari Dermaga yang letaknya berdekatan dengan Losari dengan jarak tempuh sekitar 25 menit dengan tarif yang sewa kapal yang relative cukup murah.

Pantai yang berjarak sekitar 6,8 km dari kota Makassar ini bisa juga ditempuh lewat jalur Dermaga yang berdekatan dengan Fort Rotterdam.

Selain menikmati keindahan alam Anda juga bisa menyaksikan panorama sunset di sore hari jelang matahari tenggelam sembari duduk di tepi Pantai Samalona.

Fasilitas umum yang tersedia di Pantai Samalona adalah Mushola, Toilet Bersih, Saung, Restoran, Toko Oleh – Oleh khas Makassar dan beberapa Hotel berbintang serta Penginapan murah di sekitar Pantai Samalona Makassar.