Kamis, 05 Februari 2015

Berwisata Ke Makam Sultan Hasanuddin Di Gowa Sulawesi Selatan


Saat berlibur ke Makassar tak ada salahnya menyambangi Makam Sultan Hasanuddin yang merupakan Raja Gowa ke-16 , Beliau  merupakan salah satu Pahlawan Bangsa yang terkenal dengan keberaniannya saat melawan penjajah Belanda di Sulawesi Selatan, karena keberaniannya tersebut Bangsa Belanda menjuluki Sultan Hasanuddin sebagai Ayam Jantan dari Timur. 

Sultan Hasanuddin lahir tahun 1629  dan menjadi Raja Gowa selama 17 tahun hingga tahun 1669. Sultan Hasanuddin wafat pada tahun 1670 beliau dimakamkan di komplek pemakaman Raja-Raja Gowa yang berada di Jalan Palantika, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Saat berwisata ke Gowa dan berziarah ke Makam Sultan Hasanuddin dan Makam Raja - Raja Gowa Anda bisa mengunjungi Museum Balla Lompoa yang merupakan rekonstruksi dari Istana Kerajaan Gowa yang didirikan oleh pemerintahan Raja Gowa pada abad ke 31 tepatnya pada tahun 1936. 

Museum ini memiliki Arsitektur bangunan yang berbentuk rumah khas orang Bugis, yakni berupa Rumah Panggung yang terbuat dari Kayu ulin atau Kayu besi, Museum ini dibangun di atas lahan seluas Satu hektar dan di kelilingi oleh Pagar besi yang cukup tinggi.

Di dalam komplek ini terdiri dari dua bangunan yang masing – masing berisi satu buah ruang utama dengan luas 60 x 40 meter di dalam ruangan tersebut terdapat Kamar Pribadi Raja dan menjadi tempat penyimpanan benda – benda bersejarah dari Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan.

Di dalam ruangan terdapat bilik Kerajaan dengan luas masing-masing kamar berukuran 6 x 5 meter lengkap dengan ruang teras utama yang dimanfaatkan sebagai ruang penerima tamu, Ruangan ini memiliki luas 40 x 5 meter. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar